:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 31 Agustus 2010

Nuzulul Qur`An 1431 H

Layaknya sebuah kompetisi olahraga, menjelang 10 hari terakhir adalah saat dimana peserta kompetisi mulai berkurang dan berguguran. Menyikapi hal tersebut, Hari Ahad, 29 Agustus 2010, dilaksanakan pengajian Nuzulul Qur'an. Pengajian dimaksudkan sebagai bagian dari peringatan turunnya Al Qu'ran, dan juga untuk men-charge hati jamaah Masjid Al Hikmah Toyan, supaya tetap semangat menjalani sepertiga akhir ramadhan tahun ini.
Pengajian diisi oleh, Ustadz. Muhammad Jazari, S.Ag, dari Nanggulan. Dalam materi pengajiannya, Jazari mengajak jamaah untuk tetap semangat, istiqomah, dan ikhlas menghadapi akhir ramadhan ini. Lebih lanjut Jazari manambahkan, yang paling penting dari esensi ramadhan adalah eksistensi dan implementasi hasil pelatihan selama ramadhan, dimulai dari Bulan Syawal sampai dengan Sya'ban. Oleh karena itu, Keep Istiqomah. *[adm]

Selengkapnya → Nuzulul Qur`An 1431 H

Pesantren ramadhan 1431 H

17 orang santri, Taman Pendidikan Al Qur`an, (TPA), Sabtu - Ahad, 28 - 29 Agustus 2010, mengikuti kegiatan "Kemasi Gas Bumi" (Kemah Gabungan Santri Belajar Mandiri), yang dilaksanakan di Masjid Al Ma`ruf Klayonan, Wates, Kulon Progo. Kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan oleh TPA Al Hikmah dengan nama lain, yaitu Malam Bina Iman dan Taqwa, (Mabit), "One Night in Mosque". Sedangkan karena banyaknya kesibukan, sehingga acara Mabit untuk tahun ini tidak dilaksanakan. Ketika ditanya, bagaimana kesan-kesannya mengikuti Kemasi Gas Bumi, adik-adik TPA mengaku senang, karena mendapat teman baru dan pengalaman baru diluar kegiatan rutin TPA. *[adm]

Selengkapnya → Pesantren ramadhan 1431 H

Pembagian Tabungan TPA 1431 H


Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pembagian tabungan tahun ini dilaksanakan lebih awal. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memberikan kesempatan kepada adik-adik santriwan/santriwati, untuk memanfaatkan uang tabungan tersebut dengan sebaik-baiknya. Raut wajah gembira, tampak terpancar dari semua santriwan/santriwati. "Tahun ini, aku mau membeli baju lebaran dengan uang tabunganku", kata beberapa dari mereka. Adapun uang tabungan yang dibagi sejumlah Rp. 9.825.000,-. Semoga bermanfaat. *[adm]

Selengkapnya → Pembagian Tabungan TPA 1431 H

Senin, 30 Agustus 2010

Persiapan Sholat Idul Fitri 1431 H

Sabtu, 21 Agustus 2010 bertempat di serambi Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan Persiapan pelaksanaan Sholat Ied Fitri Tahun 1431 H. Kegiatan dimulai selesai sholat Tarawih, dan dihadiri beberapa perwakilan rismas dari Masjid diwilayah PPSI. Beberapa keputusan rapat diantaranya, Imam dan Khotib pelaksanaan sholat tahun ini adalah Bapak Budi Wahyudi, A.Md.Pd dari Wates. Untuk memperlancar kegiatan, juga telah dibagi ketugasan kepada perwakilan yang ada. Selanjutnya untuk lebih mengakrabkan diri antara, Remaja Islam Masjid, yang ada di PPSI (Panitia Penyelenggara Sholat Ied), rencananya pada Hari Ahad, 5 September 2010, akan dilaksanakan buka puasa bersama, yang akan dilaksanakan di serambi Masjid Al HIkmah Toyan. "Semoga lancar dan berlangsung sukses", Kata Kusuma Dwi, Sekretaris PPSI. *[adm]

Selengkapnya → Persiapan Sholat Idul Fitri 1431 H

Jumat, 13 Agustus 2010

Radio Suara Ramadhan 88 Mhz 1431 Hijriyah Mengudara

Selasa malam, 10 Agustus 2010, Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) 88 MHz 1431 Hijriyah, mulai mengudara. Dengan perangkat siar yang semakin baik, harapannya RKSR bisa memuaskan pendengar setianya dan bisa menemani malam selepas Sholat Tarawih sampai dengan menjelang Sahur, kata DJ OI, Manager Siar RKSR. Tahun ini adalah tahun ke-6 sejak berdirinya RKSR, lanjutnya. Buat pendengar setia RKSR dapat request lewat SMS 085292406828. *[adm].

Selengkapnya → Radio Suara Ramadhan 88 Mhz 1431 Hijriyah Mengudara

Pengajian Pra Ramadhan 1431 H

Satu hari menjelang 1 Ramadhan 1431 H, Senin, 9 Agustus 2010, seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan pengajian pra ramadhan. “Pengajian ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan penambah semangat dalam memasuki Ramadhan 1431 H”, kata Drs. Slamet Riyadi, Ketua Takmir.

Adapun kegiatan ramadhan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, diantaranya Sholat Jamaah Tarawih, Jamaah Subuh dan Kuliah Subuh, Jamah Rawatib, Buka Puasa Bersama, serta kegiatan TPA dan Rismas lainnya, lanjut Slamet.

Pengajian diisi oleh Drs. Fuad Nuri, S.Pd dari Brosot, Kulon Progo. Dalam ceramahnya Fuad menjelaskan tentang keutamaan ramadhan. Dan diharapkan jamaah dapat mengoptimalkan ramadhan tahun ini untuk sampai ke derajad takwa. Semoga. *[adm].

Selengkapnya → Pengajian Pra Ramadhan 1431 H

Tahap Akhir Jelang Ramadhan 1431 H

Sejak Jumat, 6 Agustus 2010 Persiapan menghadapi Ramadhan 1431 Hijriyah dipercepat, mulai dari pemasangan list shof putri, pemasangan banner, pemasangan spanduk, pemasangan aksesoris masjid, pengecatan ringan, persiapan onair Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, dan persiapan fisik mesjid lainnya. Bangunan fisik sudah siap, semoga menambah khusuknya pelaksanaan kegiatan selama bulan ramadhan. Amiin. *[adm].

Selengkapnya → Tahap Akhir Jelang Ramadhan 1431 H